Rabu, 11 Mei 2016

Bupati Buka Kegiatan Nusantara Mengaji

Bupati Tulungagung Syahri Mulyo, SE, M.Si, Sabtu, 7 Mei 2016 membuka kegiatan Nusantara Mengaji yang dilaksanakan di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al Manan desa Kauman Kecamatan Kauman. Dalam acara yang ditandai dengan penyerahan Kitab Al-Qur’an dari Wakil Ketua DPRD Tulungagung Adib Makarim kepada Bupati Tulungagung Syahri Mulyo, SE, M.Si, ini diikuti ribuan santri dan santriwati pondok pesantren Al Manan desa Kauman Kecamatan Kauman.

Dalam laporannya, ketua panitia kegiatan Adib Makarim diantaranya mengatakan bahwa maksud dan tujuan digelarnya kegiatan ini karena kepedulian warga masyarakat terutama umat Islam ( NU ) terhadap bangsa dan negara yang akhir –akhir ini sering ditimpa musibah / bencana. Adib juga menjelaskan bahwa dalam acara Nusantara Mengaji kali ini diikuti oleh warga NU, satri / santriwati se-Indonesia dengan jumlah kurang lebih 713.339 warga NU yang terdapat pada 401 Kabupaten/ Kota yang ada di Indonesia.

Bupati Tulungagung Syahri Mulyo, SE, M.Si, dalam sambutannya diantaranya mengatakan bahwa Al-Qur’an adalah wahyu yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW untuk dijadikan pedoman dan pegangan bagi seluruh umat manusia (tidak terbatas hanya kepada umat muslim saja). Pedoman dan pegangan inilah yang akan menuntun kita kearah yang lebih baik untuk mendapatkan rahmat dan kebaikan dari Allah AWT.

Lebih lanjut, Bupati mengatakan bahwa banyak manfaat dari membaca Al-Qur’an bagi kehidupan, antara lain dengan membaca Al-Qur’an akan menjadi manusia yang baik, ini karena orang yang terbaik di dunia ini bukanlah orang-orang yang mempunyai derajat tertinggi, bukan pula orang yang memiliki harta kekayaan yang berlebihan, tetapi orang yang terbaik disisi Allah SWT adalah orang yang mau belajar Al-Qur’an dan mengajarkannya kepada orang lain. Dengan membaca Al-Qur’an akan memberikan kedamaian dan ketenangan, sebagaimana hadist Rasulullah “Tidaklah berkumpul suatu kaum dalam satu rumah Allah untuk membaca dan mempelajari Al-Qur’an kecuali turun atas mereka sakinah dan rahmad serta diliputi oleh masyarakat”, dengan membaca Al-Qur’an akan mendapatkan derajat yang lebih tinggi, sebagaimana Hadist Rasulullah : “Orang yang membaca Al-Qur’an dengan mahir akan bersama-sama malaikat yang mulia lagi taat”, serta dengan membaca Al-Qur’an akan membersihkan penyakit hati, yaitu penyakit yang bersifat batiniyah atau rohaniyah, seperti sombong, riya’, tamak, dan lain sebagainya.

Bupati juga berharap agar kegiatan Nusantara Mengaji Khatam 300.000 seperti ini dapat dilaksanakan dengan istiqomah dan mudah-mudahan dengan kegiatan ini Kabupaten Tulungagung terus dalam kondisi yang aman, tentram dan kondusif, dijauhkan dari berbagai macam musibah maupun bencana alam mulai hari ini hingga seterusnya. (Nug/Humas/tulungagung.go.id)
Share:
Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) didirikan di Jakarta
pada tanggal 23 Juli 1998 (29 Rabiul Awal 1419 Hijriyah) dideklarasikan oleh para kiai-kiai Nahdlatul Ulama
KH. Munasir Ali, KH. Ilyas Ruchiyat, KH. Abdurrahman Wahid, KH. A. Mustofa Bisri dan KH. A. Muhith Muzadi

0 komentar:

Posting Komentar